Mengatasi grogi akut ala saya


Saya adalah salah satu makhluk di dunia yang sangat grogian. Terlebih-lebih jika saya harus tampil di depan banyak orang. Rasanya ingin langsung sembunyi di bawah kasur!

Tetapi kemudian, mau tak mau saya tak perduli pada grogi. Mengapa? Ini dikarenakan Oleh Atasan saya, Rekan-rekan Kerja, serta Institusi tempat saya bekerja. Mereka tidak tahu dan tidak mau tahu bila saya punya grogi. Jadilah, pada beberapa kesempatan saya diminta menjadi MC, dan yang lebih parah lagi, di satu kesempatan, saya harus bernyanyi di depan tamu-tamu ketika acara makan siang berlangsung di kantor saya.

Grogi? rasanya ingin mati!

Lalu saya belajar. Saya ingin grogi tidak terlalu menguasai ketika saya harus tampil maksimal. Grogi membatasi saya. Itu pasti. Padahal saya bisa melakukan dengan lebih baik jika tidak grogi. Jadi saya mencoba mengatasi grogi dengan membuat tips-tips yang saya rangkum dari berbagai sumber dan menambahkan sendiri berdasarkan pengalaman saya.

MENGATASI GROGI AKUT ala Saya :

    1. Berdoa. Ya, saya percaya untuk membuat segalanya lancar saya harus berdoa dahulu sebelum melakukan sesuatu. Saking gugupnya, suatu kali saya pernah melakukan salat sunat dua rakaat sebelum acara dimulai ^^
    2. Latihan yang cukup. Tidak ada orang yang bisa melakukan sesuatu dengan baik tanpa latihan. Latihan juga membuat kita percaya diri, merasa lebih siap, sehingga rasa grogi dapat kita tekan seminimal mungkin. Bila nyaman, latihan di depan cermin. Bila tidak nyaman, latihan di dalam kamar kosong lalu ciptakan penonton imajiner.
    3. Jangan Menunda-nunda. Segera susun skenario percakapan anda, mintalah print-out susunan acara, tanyakan dengan lengkap siapa pembicara, note speaker dll. Siapkan penampilan anda secermat mungkin. Jangan tunggu sampai hari H anda baru memikirkannya karena ini akan membuat anda panik.
    4. Percaya bahwa anda ahlinya. Bila ditugaskan menjadi MC, anggaplah bahwa anda juga seorang MC professional sekelas Indy Barends atau Rosianna Silalahi atau Tantowi Yahya. Anda ahlinya, dan anda akan menguasai audiens anda dengan baik.
    5. Sisipkan Jokes. Bila acaranya terlalu tegang, carilah celah dimana audiens menjadi rileks. Selalu perhatikan hal-hal yang lucu dari tiap acara. Kemukakan saja secara biasa. Bahwa ada peserta yang mirip artis, atau pembicara/moderator menyukai musik rock and roll dsb. Bagaimanapun bukan Audiens yang mempengaruhi anda, tetapi andalah yang mempengaruhi audiens.
    6. Jangan memaksa diri untuk tampil sempurna. Jika ada kata-kata anda yang tidak sesuai dengan yang anda rencanakan di awal, segera maafkan diri anda, lalu berimprovisasilah. No body’s perfect. Dan anda sedang belajar menuju ke kesempurnaan dengan berani mengemban tugas yang diberikan.
    7. Anda juga tidak akan mati dengan menyanyi atau dengan berbicara di depan umum. Jadi lakukan saja.
    8. Jika dengan grogi anda menjadi kacau dan dapat mempermalukan diri di depan umum, maka buang jauh-jauh grogi anda.
    9. Jika grogi menghambat anda menampilkan yang terbaik dari diri anda, maka grogi mendatangkan kerugian bagi anda. Singkirkan, anda toh tidak memerlukannya.
    10. Hari gini bukan jamannya lagi grogi di depan umum. Dan Masih merasa grogi secara berlebihan bukan merupakan sesuatu yang lucu.

    Hingga saat ini saya masih terus belajar menjadi MC yang baik. Syukurnya, tips-tips di atas sedikit banyak membantu saya untuk mengemban tugas dengan baik hingga acara selesai.

    Lalu bagaimana jika menghindar saja dari tugas-tugas untuk tampil di depan umum? Jadi anda tidak harus mengatasi grogi.

    Nah, nah, jika siasatnya seperti ini, saya justru akan merasa rugi sekali. Karena pengalaman tidak dapat dibeli dengan uang dan tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan tersebut. Pengalaman memberi kita kesempatan untuk berkembang, memperoleh ilmu baru, merasakan hal-hal baru, mengenal orang-orang baru, belajar secara langsung, bahkan dalam banyak hal dapat membuka pintu ke masa depan yang lebih baik. Siapa tahu ? :)

    About these ads

    4 thoughts on “Mengatasi grogi akut ala saya

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s